Jawaban

Contoh Struktur Organisasi Sekolah Smp

Apakah kamu sedang mencari contoh struktur organisasi sekolah smp, maka kamu berada di halaman yang tepat. Kami mempunyai sekitar 3 tanya jawab mengenai contoh struktur organisasi sekolah smp. Silakan baca lebih lanjut di bawah ini agar dapat menambah wawasan kita semua dalam belajar.

struktur organisasi sekolah sma islam jember sma islam jember

1. Paragraf yang merupakan kutipan teks persuasi adalah …. *a).

Pertanyaan: 1. Paragraf yang merupakan kutipan teks persuasi adalah …. *

a). Grup detektif Tiga Sekawan yang dibentuk Dika memiliki anggota berbeda antara di buku dan di film. Gimmick yang dipakai pun berbeda. Ada kreativitas yang menekankan bahwa humor sebaiknya sambung-sinambung menjadi satu dan karakterisasi sangat penting dalam mewujudkan misi itu.

b). Penyebab seseorang mengalami gangguan pencernaan, antara lain, pola makan tidak teratur. Misalnya, sering terlambat makan, kurang mengonsumsi sayur dan buah, dan kurang memperhatikan gizi makanan. Salah satu upaya menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat, makanlah dengan pola makan sehat dan seimbang.

c). Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun sampai dengan 21 tahun. Pada masa itu remaja sedang mencari identitas dirinya.

d). Bertepatan dengan Hardiknas, siswa-siswa SMP se-Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se-Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur dan pejabat yang terkait dengan acara. Acara ini digunakan sebagai sarana mengekspresikan kreativitas, komunikasi antar sekolah, serta perkembangan Iptek.

2. Perhatikan kutipan teks berikut! Menurut para ahli kesehatan, hal umum yang menyebabkan orang mengalami gangguan pencernaan, antara lain, pola makan tidak teratur dan sering terlambat makan. Mereka pun kurang mengonsumsi sayur dan buah; juga kurang memperhatikan gizi makanan. Salah satu upaya menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat, makanlah dengan pola makan sehat dan seimbang. Simpulan cuplikan teks tersebut adalah …. *

a). Agar tidak mengalami gangguan pencernaan, kita harus makan dengan pola makan sehat dan seimbang.

b). Hal umum yang menyebabkan orang mengalami gangguan pencernaan adalah sering terlambat makan.

c). Hal umum yang menyebabkan orang mengalami gangguan pencernaan adalah pola makan yang tidak teratur.

d). Mereka pun kurang mengonsumsi sayur dan buah; juga kurang memperhatikan gizi makanan.

3. Contoh kata kerja imperatif adalah …. *

a). harus

b). sepantasnya

c). jadikanlah

d). sebaiknya

9. Cermati paragraf berikut! Sejak terjadinya bencana gempa bumi dan gelombang tsunami itu sering kali bencana tersebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari masyarakat. Banyak organisasi atau kelompok orang tak bertanggung jawab meminta sumbangan untuk korban bencana tersebut. Mereka beroperasi di atas bus kota, lampu merah, dan pinggir-pinggir jalan lainnya yang mengatasnamakan dinas sosial. Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut. Kalimat persuasi dalam kutipan di atas adalah kalimat ke-…. *

a). 1
b). 2
c). 3
d). 4

10. Perhatikan kutipan teks berikut! Jujur saja, kita memang belum bisa terbuka membicarakan soal seks dan kesehatan reproduksi. Padahal, itu penting sekali buat kita ketahui supaya tidak terjerumus ke jalan yang salah. Nah, lewat situs-situs tertentu di internet, beragam informasi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan. Struktur teks berdasarkan kutipan tersebut adalah ….. *

a). pengenalan isu
b). rangkaian argumen
c). pernyataan ajakan
d). penegasan kembali​

Jawaban:

1. B

2.A

3.D

9.D

10.A

Penjelasan:

maaf kalau salah ya

1. Mobilitas social dimaknai sebagai…. *a. Gerak dalam struktur social

Pertanyaan: 1. Mobilitas social dimaknai sebagai…. *

a. Gerak dalam struktur social dengan pola tertentu

b. Penyesusaian kelompok masyarakat

c. Penyesuaian keragaman penduduk

d. Pertentangan dalam masyarakat

2. Berikut ini yang merupakan contoh mobilitas horizontal adalah…. *

a. Dokter umum menjadi kepala ruah sakit

b. Seorang guru memasuki masa pensiun

c. Seorang tentara pindah tugas dari Jawa ke Papua

d. Seorang bupati diberhentikan karena korupsi

3. Yang merupakan ciri mobilitas Sosial sinking adalah…. *

a. Penurunan status dan disintegrasi

b. Penurunan status dan kenaikan pangkat

c. Disintegrasi dan lapisan social yang sama

d. Kenaikan pangkat dan lapisan social yang sama

4. Seorang ayah bekerja sebagai seorang guru tetapi anaknya tidak mengikuti jejak ayahnya, anaknya lebih memilih enjadi seorang doter. Contoh tersebut menggambarkan mobilitas…. *

a. Vertical naik

b. Vertical turun

c. Horizontal intragenerasi

d. Horizontal antargenerasi

5. Mobilitas social yang melibatkan dua generasi atau lebih disebut…. *

a. Social sinking

b. Social Climbing

c. Horizontal intragenerasi

d. Horizontal antargenerasi

6. Pak Andi mengajar SMP sebagai guru. Setelah beberapa tahun, ia kini menjabat sebagai wkil kepala sekolah bidang kuriulum. Kasus ini merupakan contoh mobilitas social… *

a. Horizontal

b. Antargenerasi

c. Vertical naik

d. Vertical turun

7. Seorang tukang kebun yang hanya menamatkan pendidikannya hingga sekolah dasar, berhasi menyekolahkan anaknya menjadi seorang arsitek, merupakan contoh dari mobilitas…. 

a. Gerak social geografis

b. Vertical

c. Intragenerasi

d. Antargenerasi

8. Pak Andi yang seorang Direktor di kantornya karena tidak bertanggung jawab diturunkan jabatannya menjadi pegawai biasa, contoh ini merupakan mobilitas social jenis… 

a. Vertical naik

b. Horizontal intragenerasi

c. Vertical turun

d. Horizontal antargenerasi

9. Berikut ini yang merupakan factor pendorong mobilitas social adalah… *

a. Strutur masyarakat tertutup

b. Diskriminasi kelas

c. Perbedaan fertilitas

d. Pengaruh sosialisasai yang kuat

10. Mobilitas social vertical dengan cara kenaikan pangkat dapat diperoleh melalui saluran… *

a. Organisasi politik

b. Angkatan bersenjata

c. Organisasi keahlian

d. Lembaga pendidikan

11. Berikut ini yang merupakan dampak positif mobilitas social adalah… *

a. meningkatkan integrasi social

b. mengalami gangguan psikologis

c. meningkatkan degradasi

d. lapisan social tidak terganggu

12. factor yangberkaitan dengan pekerjaan, system ekonomi dianut masyarakat, dan tingkat fertilitas, merupakan factor pendorong mobilitas social yang berupa factor… 

a. structural

b. individu

c. social

d. politik

13. Berikut ini adalh factor individu yang mempengaruhi mobilitas social ,kecuali… *

a. factor kemujuran

b. perbedaan kemampuan

c. latar belakang pendidikan

d. orientasi sikap terhadap mobilitas

14. factor pendorong bagi kelompok masyarakat tidak mampu untuk melakukan mobilitas social adalah… 

a. Opsi 1a. status social

b. situasi politik

c. keadaan ekonomi

d. pendidikan rendah

15. Daerah di Indonesia yang masih menganut system kasta adalah…*

a. Madura

b. Bali

c. NTB

d. NTT

16. Ahli yang mengemukakan bahwa mobilitas memiliki saluran-sluran adalah… *

a. Soerjono Soekamto

b. Pitirim A. Sorikin

c. August Comte

d. Karl Marx

17. Badu pindah tugas di Negara Jepang, kemudian Badu pindah dan menetap di Jepang.perpindahan Badu tersebut merupakan contoh mobilitas…. *

a. Social sinking

b. Social climbing

c. Horizontal intragenerasi

d. Horizontal antargenerasi

18. Angkatan bersenjata merupakan salah satu saluran mobilitas social dimana anggotanya dapat melakukan mobilitas vertical dengan cara…. *

a. Mendapatkan pendidikan

b. Mengisi kursi pejabat eksekutif

c. Memberikan kenaikanpangkat

d. Meningkatkan penghasilan

19. Berikut ini yang merupakan organisasi profesi yang menjadi saluran mobilitas social adalah…*

a. PGRI,IDI,HIPMI

b. PDI P, PPP, Golkar

c. Koperasi,PT, Firma

d. PGRI, Koperasi, Golkar

20. Berikut ini adalah saluran-saluran mobilitas social, kecuali… *

a. Perkawinan

b. Perpindahan

c. Lembaga pendidikan

d. Organisasi Politik

Jawaban:

1 . a . Gerak dalam struktur social dengan pola tertentu

2 . c .  Seorang tentara pindah tugas dari Jawa ke Papua

3 . a . Penurunan status dan disintegrasi

4 .

5 . d . Horizontal antargenerasi

6 . c . Vertical naik

7 . d . Antargenerasi

8 . c . Vertical turun

4. Bacalah teks berikut! (1) Sejak terjadinya bencana gempa bumi

Pertanyaan: 4. Bacalah teks berikut!
(1) Sejak terjadinya bencana gempa bumi dan gelombang tsunami itu sering kali bencana tersebut
dijadikan sarana untuk memungut uang dari masyarakat. (2) Banyak organisasi atau kelompok
orang tak bertanggung jawab meminta sumbangan untuk korban bencana tersebut. (3) Mereka
beroperasi di atas bus kota, lampu merah, dan pinggir-pinggir jalan lainnya yang
mengatasnamakan dinas sosial. (4) Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah
oknum tersebut. (5) Kami organisasi Sosial Peduli kasih tidak pernah meminta sumbangan dengan
cara-cara seperti itu.
Kalimat bujukan atau imbauan pada teks tersebut ditandai oleh nomor ….
A. 1
C. 3
B. 2
D. 4

7. Bacalah teks berikut!
(1) Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. (2)
Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. (3) Misalnya, di Malaysia,
harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. (4) Di Shanghai,
Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang
dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama mereka. (5)
Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.
Kalimat fakta pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A. 1
C. 3
B. 2
D. 4

9. Kalimat berikut yang merupakan pendapat adalah ….
A. Sembilan persen siswa di SMP Negeri 20 tepat waktu dalam kehadiran.
B. Banyak siswa tingkat menengah melakukan bolos bahkan kabur dari sekolah.
C. Ujian Nasional dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.
D. Siswa SMP SMP Negeri 20 melaksanakan simulasi UN hari ini.

10. Bacalah dengan saksama kutipan teks berikut!
(1) Sebaiknya para remaja zaman sekarang harus sangat berhati-hati terhadap pengaruh telepon
pintar. (2) Jika tidak berhati-hati menggunakan telepon pintar, para remaja dapat terperosok ke
dalam hal yang negatif. (3) Peranan orangtua sangat dibutuhkan dalam teknologi di zaman
sekarang. (4) Selain bisa membimbing dan mendidik anaknya dalam pergaulan teknologi, orangtua hendaknya harus pandai-pandai memilih dan memilah aplikasi apa saja yang digunakan
remaja yang ber-smartphone.
Kalimat yang berisi himbauan ditandai dengan kalimat nomor ….
A. (1)
C. (3)
B. (2)
D. (4)

13. Bacalah penggalan teks berikut!
Sudah menjadi rahasia umum, kalau ada remaja yang terjerumus pada penyalahgunaan obat-
obat terlarang dan psikotropika. Peristiwa itu terjadi karena mereka tidak tahu cara memilih
teman dan mengabaikan ajaran agama. Mereka juga tidak tahu cara menghindari diri dari
perbuatan itu. Akibatnya, mereka menyesal lalu terpikir untuk bunuh diri. Seram, kan? Itu hanya
salah satu contoh akibat ketidakpedulian kita atas hak kita untuk mendapatkan informasi yang
benar tentang obat-obat terlarang dan psikotropika.
Paragraf tersebut merupakan teks persuasif bagian struktur ….
A. pengenalan isu
C. pernyataan ajakan
B. rangkaian argumen
D. penegasan kembali

Berikut jawaban yang tepat:

  1. Kalimat bujukan atau imbauan terdapat pada nomor 4. Jadi jawabannya ialah D.
  2. Kalimat fakta terdapat pada nomor 4. Jadi jawabannya ialah D.
  3. Yang merupakan kalimat pendapat ialah “Banyak siswa tingkat menengah melakukan bolos bahkan kabur dari sekolah”. Jadi jawabannya ialah B.
  4. Kalimat imbauan terdapat pada nomor 1. Jadi jawabannya ialah A.
  5. Paragraf yang ada pada soal merupakan bagian pengenalan isu dalam teks persuasif. Jadi jawabannya ialah A.

Pembahasan

Teks persuasif merupakan teks yang bertujuan untuk mengajak atau mempengaruhi pembaca. Dalam teks persuasif biasanya menggunakan kalimat imbauan dan juga bujukan. Berikut struktur teks persuasif, yaitu:

  • Pengenalan isu
  • Rangkaian argumen
  • Pernyataan ajakan
  • Penegasan kembali

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian dan ciri teks persuasif brainly.co.id/tugas/3630524
  2. Materi tentang pengertian teks persuasif brainly.co.id/tugas/14914412
  3. Materi tentang contoh teks persuasif brainly.co.id/tugas/14574162

Detail jawaban

Kelas: VIII

Mapel: Bahasa Indonesia

BAB: 7

Kode: 8.1.7

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *