Jawaban

Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Tema 1

Apakah kamu sedang mencari materi bahasa indonesia kelas 5 tema 1, maka kamu berada di halaman yang tepat. Kami mempunyai sekitar 10 tanya jawab mengenai materi bahasa indonesia kelas 5 tema 1. Silakan baca lebih lanjut di bawah ini agar dapat menambah wawasan kita semua dalam belajar.

materi bahasa indonesia kelas  sd semester

pertanyaan : 1. apa keunikan desa Tenganan?2. apa keunikan desa

Pertanyaan: pertanyaan :

1. apa keunikan desa Tenganan?

2. apa keunikan desa Trunyan?

3. apa keunikan desa pengipuran ?

itu diatas pertanyaan tentang desa bali ya!! ☺️

✖️no google

✖️no lihat hp

✖️no ngasal

________________________________

✔️ boleh buka buku

✔️ harus bener jawaban nya

tolong di Jawab ya soalnya ini pr dikumpulkan besok

❤️‍ terima kasih yang udh bantu jawab

——————————————————
tema: 8
subtema: 2
pembelajaran: 3

kelas 5 SD

materi pelajaran: bahasa Indonesia ​

Jawaban:

desa Tenganan keunikan menjunjung tinggi nilai adat dan budaya desa

desa Trunyan keunikan jenazah orang meninggal hanya diletakan di dalam goa atau diatas pohon

desa panglipura kunikan memiliki srutur bangunan yang tersusun rapi dan tidak pernah melepaskan adat dan budayanya

Pa Tono melaksanakan pembelajaran di kelas 5 dengan tema “peristiwa

Pertanyaan: Pa Tono melaksanakan pembelajaran di kelas 5 dengan tema “peristiwa kehidupan “ sub tema
“peristiwa kebangsaan masa penjajah” mencakup mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS.
Langkah – langkah pembelajaran yang dilakukan Pa Tono sebagai berikut : (1) mengembangkan
bahan ajar dan media berlandaskan pada sub tema “peristiwa kebangsaan masa penjajah”. (2)
menyampaikan konsep-konsep yang ada pada sub tema tersebut berdasarkan pada kompetensi
dasar tiga mata pelajaran tersebut. (3) Agar tujuan pembelajaran tercapai Pa Tono berupaya
menjelaskan materi dari konsep-konsep yang dimuat pada sub tema dengan rinci, (4) cara
menjelaskan materi tersebut dikaitkan dengan hal-hal yang ada di sekitar lingkungan anak, (5) Pa
Tono memberi instruksi agar peserta didik mengikuti apa yang dilakukan Pa Tono
Pertanyaan :
a. Coba simpulkan apakah cara pembelajaran Pa Tono sudah sesuai dengan konsep
pembelajaran terpadu? Uraikan alasannya!
b. Apakah ada langkah yang akan diperbaiki dari proses pembelajaran apabila anda akan
melaksanakan pembelajaran dari sub tema yang sama dengan Pa Tono ? Tuliskanlah dengan
rinci

Jawaban:

a. Seusuai

b. beberapa langkah yang mungkin bisa dipertimbangkan (di dalam penjelasan)

Penjelasan:

a. Dari penjelasan yang telah diberikan, cara pembelajaran Pa Tono dianggap sudah sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu. Hal ini dapat dilihat dari langkah-langkah yang dilakukan Pa Tono, yaitu:

  1. Mengembangkan bahan ajar dan media berlandaskan pada sub tema “peristiwa kebangsaan masa penjajah”. Ini menunjukkan bahwa Pa Tono mempertimbangkan keterkaitan antar mata pelajaran dan mengembangkan bahan ajar yang memperhatikan aspek tersebut.
  2. Menyampaikan konsep-konsep yang ada pada sub tema tersebut berdasarkan pada kompetensi dasar tiga mata pelajaran tersebut. Ini menunjukkan bahwa Pa Tono memahami pentingnya menyampaikan materi dengan menggunakan pendekatan yang memperhatikan keterkaitan antar mata pelajaran.
  3. Menjelaskan materi dengan rinci dan mengaitkannya dengan hal-hal yang ada di sekitar lingkungan anak. Ini menunjukkan bahwa Pa Tono memahami pentingnya menyajikan materi dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik.
  4. Memberi instruksi agar peserta didik mengikuti apa yang dilakukan Pa Tono. Ini menunjukkan bahwa Pa Tono memahami pentingnya memfasilitasi proses belajar peserta didik dengan cara yang efektif

Dengan demikian, cara pembelajaran Pa Tono dianggap sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu karena memperhatikan keterkaitan antar mata pelajaran, menyajikan materi dengan pendekatan yang menarik, dan memfasilitasi proses belajar peserta didik dengan cara yang efektif.

b. beberapa langkah yang mungkin bisa dipertimbangkan apabila akan melaksanakan pembelajaran dari sub tema yang sama dengan Pa Tono:

  1. Memastikan bahwa peserta didik memiliki kemampuan dasar yang cukup untuk memahami materi yang akan diajarkan. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan penilaian awal terhadap kemampuan peserta didik dan mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  2. Menyediakan beragam media dan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Misalnya, menyediakan bahan ajar yang terdiri dari teks, gambar, video, dan lain-lain. Dengan demikian, peserta didik dapat memilih media yang paling sesuai dengan gaya belajarnya.
  3. Menyediakan kesempatan bagi peserta didik untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar. Misalnya, dengan mengajak peserta didik untuk menyajikan materi kelompok, membuat proyek, atau mengajukan pertanyaan dan mengemukakan pendapatnya.
  4. Menyediakan kesempatan bagi peserta didik untuk mengaplikasikan materi yang telah dipelajari dalam situasi nyata. Misalnya, dengan melakukan kegiatan eksplorasi atau mengajukan soal-soal yang menuntut peserta didik untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari.
  5. Melakukan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar peserta didik secara teratur. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan tes atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan tertulis atau lisan yang menuntut peserta didik untuk menunjukkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari.

Pa Tono melaksanakan pembelajaran di kelas 5 dengan tema “peristiwa

Pertanyaan: Pa Tono melaksanakan pembelajaran di kelas 5 dengan tema “peristiwa kehidupan “ sub tema “peristiwa kebangsaan masa penjajah” mencakup mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. Langkah – langkah pembelajaran yang dilakukan Pa Tono sebagai berikut : (1) mengembangkan bahan ajar dan media berlandaskan pada sub tema “peristiwa kebangsaan masa penjajah”. (2) menyampaikan konsep-konsep yang ada pada sub tema tersebut berdasarkan pada kompetensi dasar tiga mata pelajaran tersebut. (3) Agar tujuan pembelajaran tercapai Pa Tono berupaya menjelaskan materi dari konsep-konsep yang dimuat pada sub tema dengan rinci, (4) cara menjelaskan materi tersebut dikaitkan dengan hal-hal yang ada di sekitar lingkungan anak, (5) Pa Tono memberi instruksi agar peserta didik mengikuti apa yang dilakukan Pa Tono

Pertanyaan :
a. Coba simpulkan apakah cara pembelajaran Pa Tono sudah sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu? Uraikan alasannya!
b. Apakah ada langkah yang akan diperbaiki dari proses pembelajaran apabila anda akan melaksanakan pembelajaran dari sub tema yang sama dengan Pa Tono ? Tuliskanlah dengan rinci

a. Dari langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan Pa Tono, terlihat bahwa ia mencoba untuk menerapkan konsep pembelajaran terpadu dengan cara mengembangkan bahan ajar dan media yang berlandaskan pada sub tema peristiwa kebangsaan masa penjajah, menyampaikan konsep-konsep tersebut berdasarkan pada kompetensi dasar tiga mata pelajaran (Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS), dan mencoba untuk menjelaskan materi tersebut dengan rinci dan dikaitkan dengan hal-hal yang ada di sekitar lingkungan anak. Namun, saya tidak dapat memberikan konfirmasi pasti bahwa cara pembelajaran Pa Tono sudah sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu tanpa melihat lebih dekat proses pembelajaran yang sebenarnya dilakukan.

b. Jika saya akan melaksanakan pembelajaran dari sub tema yang sama dengan Pa Tono, maka saya akan mencoba untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan beberapa langkah sebagai berikut:

  • Melakukan perencanaan pembelajaran secara matang dan terstruktur, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar yang akan dicapai, serta metode dan media pembelajaran yang akan digunakan.
  • Menyusun bahan ajar yang menarik dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga materi lebih mudah dipahami dan memperkuat pemahaman siswa terhadap materi.
  • Melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dengan cara mengajak mereka untuk berdiskusi, memberikan tugas, atau mengajak mereka untuk menyajikan materi yang telah dipelajari.
  • Memberikan umpan balik yang bermanfaat bagi perkembangan siswa, dengan cara memberikan penjelasan dan bimbingan yang tepat, serta memberikan tugas-tugas yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.
  • Menyediakan waktu yang cukup untuk membahas materi secara mendalam, serta menyediakan waktu untuk review dan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.

Petunjuk menggunakan Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII1. Simak pengayaan

Pertanyaan: Petunjuk menggunakan Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII
1. Simak pengayaan yang berisi materi umum yang berkaitan langsung dengan pengembangan bahasa.
2. Kerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi dalam bentuk uji kemampuan
3. Bacalah halaman awal yang merupakan gambaran umum pembuka pelajaran, tema dan standar kompetensi
4. Untuk mengukur kemampuan pada setiap akhir pelajaran, kerjakan uji kemampuan pelajaran
5. Pahami materi – materi pokok yang disajikan Urutan yang tepat dalam petunjuk penggunaan buku bahasa Indonesia kelas VII di atas adalah….

a) (1),(3),(5),(2),(4)

b) (2),(4),(1),(3),(6)

c) (3),(5),(1),(2),(4)

d) (3),(4),(1),(5),(2)

Jawaban:

C) (3), (5), (1), (2), (4).

Penjelasan:

Maaf klo salah…

Pak tono melaksanakan pembelajaran di kelas 5 dengan tema "peristiwa

Pertanyaan: Pak tono melaksanakan pembelajaran di kelas 5 dengan tema “peristiwa kehidupan ” sub tema “peristiwa kebangsaan masa penjajah” mencakup mata pelajaran bahasa indonesia, ipa, dan ips. Langkah – langkah pembelajaran yang dilakukan pa tono sebagai berikut : (1) mengembangkan bahan ajar dan media berlandaskan pada sub tema “peristiwa kebangsaan masa penjajah”. (2) menyampaikan konsep-konsep yang ada pada sub tema tersebut berdasarkan pada kompetensi dasar tiga mata pelajaran tersebut. (3) agar tujuan pembelajaran tercapai pa tono berupaya menjelaskan materi dari konsep-konsep yang dimuat pada sub tema dengan rinci, (4) cara menjelaskan materi tersebut dikaitkan dengan hal-hal yang ada di sekitar lingkungan anak, (5) pa tono memberi instruksi agar peserta didik mengikuti apa yang dilakukan pa tono pertanyaan : a. Coba simpulkan apakah cara pembelajaran pa tono sudah sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu? uraikan alasannya! b. Apakah ada langkah yang akan diperbaiki dari proses pembelajaran apabila anda akan melaksanakan pembelajaran dari sub tema yang sama dengan pa tono ? tuliskanlah dengan rinci

Berdasarkan poin-poin yang disampaikan di dalam soal, maka cara pembelajaran yang dilakukan oleh Pa Tono sudah sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu.

Konsep dasar dari pembelajaran terpadu adalah pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran agar siswa dapat merasakan pengalaman belajar yang bermakna.

Pada soal di atas, di bagian poin (1) Pa Tono sudah melakukan hal dasar untuk memulai pembelajaran, yakni mengembangkan bahan ajar dan media yang sesuai dengan sub tema dan kompetensi.

Kemudian, pada poin (2) Pa Tono menyampaikan konsep-konsep yang tercantum di dalam sub tema dan tiga kompetensi (mata pelajaran) tersebut.

Pembelajaran terpadu mulai terlihat jelas di poin (3) dan (4) di mana Pa Tono menjelaskan konsep materi ketiga mata pelajaran serta mengaitkannya, lalu mengaitkan pula dengan hal-hal di sekitar.

Pada poin (5), dapat dimaknai bahwa instruksi yang diberikan oleh Pa Tono adalah untuk menstimulasi cara berpikir teoritis dan praktis pada peserta didik.

Sebelum itu, Pa Tono sudah memberikan contoh sesuai poin (4), sehingga harapannya peserta didik tidak terlalu merasa kesulitan untuk bisa mengaitkan konsep di dalam 3 mata pelajaran.

Dengan begitu, pembelajaran terpadu yang diikuti oleh peserta didik dapat diukur ketercapaiannya.

Pembahasan:

Indikator merupakan penjabaran dari tujuan pembelajaran. Indikator digunakan sebagai paramater untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Pada pembelajaran abad ke-21, dimana sistem pembelajaran yang digunakan tidak lagi teacher centered namun mengedepankan sistem pembelajaran yang berfokus pada peran siswa di dalamnya.

Dalam pembelajaran abad ke-21, siswa dilatih untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah. Selain itu, siswa diharapkan dapat memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kritis terhadap permasalahan yang ditemukan. Kemampuan berpikir tingkat tinggi disebut juga dengan Hots. Hots biasanya dikemas dalam bentuk pembelajaran dimana siswa membutuhkan tingkat berpikir yang lebih tinggi dari sebelumnya pada saat menyelesaikan permasalahan yang ia temui. Pada Hots, siswa dilatih dalam menggunakan seluruh keterampilan dan pengetahuannya untuk membangun pemikiran yang kritis. Kemampuan berpikir tingkat tinggi akan melatih siswa menumbuhkan sikap kritis, analisis, dan kemampuan yang baik dalam menguraikan materi.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pembelajaran abad ke-21 : brainly.co.id/tugas/16160256

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Soal IPS buka buku bupena tema 3 dari subtema 1

Pertanyaan: Soal IPS buka buku bupena tema 3 dari subtema 1 materinya
1. Pengaruh interaksi sosial terhadap pembangunan di bidang apa saja di masyarakat Indonesia
2. Apa yang kamu lihat interaksi sosial masyarakatdi pasar?
3. Soal 3 sampai nomor 6 kerjakan halaman 170 soal IPS nya
7. Aktivitas yang terkait dengan aspek sosial dan ekonomi bertujuan untuk…
8. Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan antara lain kegiatan …,
…,dan…
9. Apa pengertian dari pembangunan ?
10. Indonesia melakukan pembangunan bertujuan untuk…
11. Setiap proses pembangunan yang dilakukan perlu kerjasama untuk memperkuat persatuan dan…
12. Soal untuk nomor 12 buka halaman 192 soal IPS 1 sampai 5
16. Tuliskan 3 contoh masing-masing budaya di Indonesia berdasarkan suku bangsa
a. Rumah adat
b. Pakaian adat
c. Senjata tradisional
d. Makanan khas
e. Upacara adat
f. Senjata adat
g. Suku bahasa
h. Dan kesenian daerah
Soal IPS buka buku bupena tema 3 dari subtema 1 materinya
1. Pengaruh interaksi sosial terhadap pembangunan di bidang apa saja di masyarakat Indonesia
2. Apa yang kamu lihat interaksi sosial masyarakatdi pasar?
3. Soal 3 sampai nomor 6 kerjakan halaman 170 soal IPS nya
7. Aktivitas yang terkait dengan aspek sosial dan ekonomi bertujuan untuk…
8. Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan antara lain kegiatan …,
…,dan…
9. Apa pengertian dari pembangunan ?
10. Indonesia melakukan pembangunan bertujuan untuk…
11. Setiap proses pembangunan yang dilakukan perlu kerjasama untuk memperkuat persatuan dan…
12. Soal untuk nomor 12 buka halaman 192 soal IPS 1 sampai 5
16. Tuliskan 3 contoh masing-masing budaya di Indonesia berdasarkan suku bangsa
a. Rumah adat
b. Pakaian adat
c. Senjata tradisional
d. Makanan khas
e. Upacara adat
f. Senjata adat
g. Suku bahasa
h. Dan kesenian daera

Buku Bupena kelas 5

Jawaban:

b

Penjelasan:

karena saya pernah belajar

Kelas/Semester : 6 (enam) / 1 (satu)Bahasa Indonesia KD 3.2Bacalah

Pertanyaan: Kelas/Semester : 6 (enam) / 1 (satu)
Bahasa Indonesia KD 3.2
Bacalah teks pada buku siswa tema 3 halaman 1 sampai 2 tentang Listrik, Pengubah Wajah Dunia.
Setelah membaca teks tersebut jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1. Apakah topik yang dibahas dalam teks tersebut?
2. Siapakah Michael Araday?
3. Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik ?
4. Apa manpaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga?
5. Pesan apa yang terdapat pada teks tersebut?
Ilmu Pengetahuan Alam KD 3.4
Bacalah rangkuman materi pada buku siswa tema 3 tentang rangkaian listrik pada senter di halam
Isilah titik-titik pada pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
1. Rangkaian listrik pada senter terdapat pada baterai yang diletakkan secara
2. Pada rangkaian seri lampu diletakkan secara
3. Arus listrik yang mengalir pada rangkaian seri hanya berada dalam
4. Rangkaian seri lampu biasa terdapat pada
Ilmu Pengetahuan Sosial KD 3.2​

Jawaban:

Inong him go n Hoff didiskusikan Widyaiswara Idriss all ajang

Pa Tono melaksanakan pembelajaran di kelas 5 dengan tema “peristiwa

Pertanyaan: Pa Tono melaksanakan pembelajaran di kelas 5 dengan tema “peristiwa kehidupan “ sub tema “peristiwa kebangsaan masa penjajah” mencakup mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. Langkah – langkah pembelajaran yang dilakukan Pa Tono sebagai berikut : (1) mengembangkan bahan ajar dan media berlandaskan pada sub tema “peristiwa kebangsaan masa penjajah”. (2) menyampaikan konsep-konsep yang ada pada sub tema tersebut berdasarkan pada kompetensi dasar tiga mata pelajaran tersebut. (3) Agar tujuan pembelajaran tercapai Pa Tono berupaya menjelaskan materi dari konsep-konsep yang dimuat pada sub tema dengan rinci, (4) cara menjelaskan materi tersebut dikaitkan dengan hal-hal yang ada di sekitar lingkungan anak, (5) Pa Tono memberi instruksi agar peserta didik mengikuti apa yang dilakukan Pa Tono Pertanyaan : a. Coba simpulkan apakah cara pembelajaran Pa Tono sudah sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu? Uraikan alasannya! b. Apakah ada langkah yang akan diperbaiki dari proses pembelajaran apabila anda akan melaksanakan pembelajaran dari sub tema yang sama dengan Pa Tono ? Tuliskanlah dengan rinci

Jawaban:

a. Berdasarkan deskripsi yang diberikan, cara pembelajaran Pa Tono terdengar sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu. Hal ini dapat dilihat dari beberapa langkah yang dilakukan Pa Tono, yaitu:

  1. Mengembangkan bahan ajar dan media yang sesuai dengan sub tema “peristiwa kebangsaan masa penjajah”. Ini menunjukkan bahwa Pa Tono sudah mempertimbangkan bahwa pembelajaran harus terpadu dengan mencakup beberapa mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS.
  2. Menyampaikan konsep-konsep yang ada pada sub tema tersebut dengan mengacu pada kompetensi dasar tiga mata pelajaran tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa Pa Tono memperhatikan bahwa pembelajaran harus mengacu pada kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik di setiap mata pelajaran.
  3. Menjelaskan materi dengan rinci dan mengaitkannya dengan hal-hal yang ada di sekitar lingkungan anak. Ini menunjukkan bahwa Pa Tono memperhatikan bahwa pembelajaran harus mengacu pada kontekstual dan tidak terpisah dari lingkungan sekitar.
  4. Memberi instruksi agar peserta didik mengikuti apa yang dilakukan Pa Tono. Hal ini menunjukkan bahwa Pa Tono memperhatikan bahwa pembelajaran harus terjadi secara interaktif dan aktif, sehingga peserta didik dapat terlibat dan memahami materi dengan lebih baik.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa cara pembelajaran Pa Tono sudah sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu.

b. Ada beberapa langkah yang dapat diperbaiki dari proses pembelajaran apabila saya akan melaksanakan pembelajaran dari sub tema yang sama dengan Pa Tono:

  1. Memasukkan kegiatan-kegiatan yang lebih variatif seperti diskusi kelompok, role play, atau permainan pembelajaran untuk meningkatkan interaksi dan aktivitas peserta didik.
  2. Menyediakan sumber-sumber belajar yang beragam, seperti buku teks, video, atau dokumen-dokumen sejarah, untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi secara lebih luas.
  3. Melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan mereka kebebasan untuk mengemukakan pendapat dan ide-ide mereka sendiri. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan diskusi kelompok atau presentasi kelompok, yang akan membantu peserta didik untuk memperkuat pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan.
  4. Memfasilitasi peserta didik untuk mempraktikkan dan mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari melalui kegiatan-kegiatan yang bermakna, seperti proyek-proyek sekolah atau kegiatan kemanusiaan. Ini akan membantu peserta didik untuk memahami bagaimana pengetahuan tersebut dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Menyiapkan evaluasi yang bervariasi, seperti tes tertulis, presentasi individu atau kelompok, atau portofolio, untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan. Ini akan membantu Pa Tono untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran dan memberikan umpan balik yang berguna untuk perbaikan pembelajaran di masa yang akan datang.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!1. Buatlah teks laporan

Pertanyaan: Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Buatlah teks laporan hasil percobaan dengan memilih salah satu tema

yang tersedia berikut ini.

a. “Membuat Handsanitizer Alami dari Daun Sirih”

b. “Nasi Goreng Sehat ala Koki Rumahan”

c. “Membuat Kerajinan dari Bahan Bekas”

Setelah memilih satu tema di atas, tulis jawaban kalian dengan ketentuan

sebagai berikut ini.

a. Tulisan sebanyak enam paragraf, setiap paragraf terdiri dari 3-5

kalimat.

b. Tulisan mengikuti struktur laporan hasil percobaan.

c. Garis bawahi/ tebalkan setiap kali menulis kata hubung, kata kerja,

dan kata teknis dalam teks yang kalian buat.

2. Buatlah teks eksemplum / teks cerita inspiratif dengan memilih salah

satu tema yang tersedia berikut ini.

a. “Pengalaman Pribadi yang Tidak Terlupakan”

b. “Perjalanan Inspiratif Sahabat Rosul”

c. “Inspirasi Hidup dari Tokoh Nasional”

Setelah memilih satu tema di atas, tulis jawaban kalian dengan

ketentuan sebagai berikut ini.

a. Tulisan sebanyak tiga paragraf, setiap paragraf terdiri dari 5-6

kalimat.

b. Tulisan mengikuti struktur teks eksemplum/ cerita inspiratif.

c. Garis bawahi/ tebalkan setiap kali menulis kata keterangan tempat,

waktu, dan cara.

Tolong Bantu Jawaban nya ya pliss
Materi: Bahasa Indonesia Kelas 9

Jawaban:

kmu pasti bisa ..okekalau gk gitu minta contekan sm temen

"Rajin Belajar"Hari Senin yang sangat cerah. Setelah anak-anak selesai malaksanakan

Pertanyaan: “Rajin Belajar”
Hari Senin yang sangat cerah. Setelah anak-anak selesai malaksanakan upacara bendera, mereka semua menuju kelas nya masing masing untuk belajar di kelas nya.
Hari ini ada empat mata pelajaran yakni, matematika, Bahasa indonesia, Bahasa Inggris, dan Sejarah.
Mata pelajaran yang pertama adalah matematika. Bapak guru menyuruh untuk ,engerjakan halaman 7 sampai 8.
Suasana di dalam kelas nampak hening ketika para siswa sedang mengerjakan soal yang di berikan oleh bapak guru tersebut.

Setelah selesai, kemudian pak guru berpesan kepada murid-muridnya untuk mempelajari materi per-kalian dan pembagian dengan soal cerita karena sewaktu-waktu akan diadakan tes dadakan.
Setelah selesai melaksanakan proses belajar di sekolah, para siswa kemudian pulang kerumahnya masing-masing.
Dinda, Nuryati, dan Indah pulang bersama, mereka bertiga berjalan kaki karena memang jarak sekolah kerumah mereka tidak terlalu jauh.
“Setelah makan siang nanti kita bermain bersama ya?. Di rumahku ada boneka baru yang di belikan ayahku dari Bandung.” Pinta Indah kepada kedua temanya.
“Asyik.” Ucap Dinda dengan penuh kegembiraan.
“Gimana, Nur, kamu bisa ikut gak?”
“Aku tidak bisa ikut. Aku mau belajar saja, karena tadi kan pak guru berpesan untuk belajar untuk persiapan karena akan ada tes dadakan.” Sanjang Nuryati dengan polosnya.
Sesampai di rumahnya, Tika langsung ganti baju, makan siang, kemudian tidur siang agar malamnya dia bisa belajar dengan tenang dan bisa konsentrasi.
Sesekali ia bertanya kepada ayahnya jika ada yang kurang paham dengan materi di buku.
Sedangkan Dinda dan Indah asyik bermain boneka hingga larut sehingga mereka tidak sempat mempelajari materi. Keesokan harin nya mereka berangkat bersama, sesampai di kelas, ternyata memang ada tes dadakan.
Dinda dan Indah merasa kesulitan mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh pak guru dan akhirnya mereka mendapat nilai jelek sehingga mereka harus mengulang tes susulan.
Lain halnya dengan Nuryati. Ia mendapat nilai terbaik di antara teman satu kelas nya karena dia sudah belajar dengan sungguh-sungguh sesuai nasihat gurunya. Bapak guru meminta agar Dinda dan Indah belajar dengan temannya, Nuryati.
“Wah, Nur, selamat ya, kamu mendapa nilai terbaik. Besok kita akan ikut belajar denganmu ya.” ucap Dinda pada Nuryati.

carilah
1. tema
2. latar
3. sudut pandang
4.penokohan
5.gaya bahasa
6.amanat
7. alur
8. pencitraan
9. nilai-nilai yg terkandung

tolong bantuannya

Jawaban:

1.tema : rajin belajar

Jawaban:

1)Tema=Rajin Belajar

2)Latar=

-Tempat:Sekolah

-Waktu:Hari Senin

7)alur=Maju

Penjelasan:

Maaf Nomor Segitu Doang Yang aku Tahu:)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *