Jawaban

Naskah Lenong Betawi 8 Orang

Apakah kamu sedang mencari naskah lenong betawi 8 orang, maka kamu berada di halaman yang tepat. Kami mempunyai sekitar 10 tanya jawab mengenai naskah lenong betawi 8 orang. Silakan baca lebih lanjut di bawah ini agar dapat menambah wawasan kita semua dalam belajar.

naskah drama cerita rakyat   singkat berbagai naskah

Apa bedanya lenong denes dengan lenong betawi

Pertanyaan: Apa bedanya lenong denes dengan lenong betawi

-Lenong denes = lenong yang menceritakan tentang keluarga kerajaan, kesatria, atau yang berhubungan dgn kerajaan/bangsawan.
-Lenong betawi = lenong yang menceritakan tentang kehidupan masyarakat itu sendiri.

Semoga membantu
#~~Hadi~~^

Lenong Betawi merupakann pertunjukan hiburan orang-orang Betawi, hal ini mengandung

Pertanyaan: Lenong Betawi merupakann pertunjukan hiburan orang-orang Betawi, hal ini mengandung nilai luhur yaitu …​

Jawaban:

menghargai ciptaan allah

buatlah naskah petunjuk lenong naskah dituliskan dalam bahasa Betawi​

Pertanyaan: buatlah naskah petunjuk lenong naskah dituliskan dalam bahasa Betawi​

Jawaban:

Berjualan buah

Di pasar , sore hari…

Zaenab : “Yaudehh kasih pas nya aje dah, sekilo nye 10 rebu”

(sambil membungkuskan buah untuk pembelinya)

Pembeli : “Hehehe okedeh, mpok Zaenab emang penjual yang paling baee dahh”

Zaenab : “Yehh bisa aje lo”

Saat itu juga di samping kios buah mpok Zaenab

Wati : “Buah nyee bu, manis-manis kaga ade yang asemm yang asem cuma punye tetangga sebelah, ayoo bu dibelii”

Terlihat Wati yang sedang berusaha menarik perhatian pemebeli untuk membeli buah-buahnya yang daritadi tidak laku.

Wati : “Bingung gua, kios nye Zaenab ngapa rame mulu yak, dari dulu semenjak ada die di pasar ini selalu aje kios gua yang sepi, pake pelet apaan ntuh die”

Pembeli : “Mpok.. jeruknye sekilo berape?”

WatI : “Akhirnyee nongol juga pembeli, 20 rebu”

Pembeli : “Waduh mahal bener, di sebelah cuma 10 rebu”

Wati : “Yehh elu begimana si, disebelah pan buah nye asem-asem lah kalo gua mah jualnya yang manis asli langsung dari poonnye”

Pembeli : “Ahh masa si, aye pernah beli kali mpok buah disini, asem-asem!!”

Wati : “Alahh bilang aje lu kaga punya duit, orang miskin beli buah mana bisa si, udah dah ahh beli sono di tempat laen, bikin gua emosi ajee”

Pembeli : “Yehh biasa dong mpok, aye juga niatnye mau beli buah disebelah tapi udah abis, terpaksa aye beli disini”

Wati : “Apa lu kata? Udah abiss buahnye? Bujud dahh tambah kalah aje gua”

Pembeli : “Emang aye pikirin buat pedagang yang sombong, pelit kayak mpok mah pantes dapet kaya gitu” (Sambil pergi meninggalkan kios Wati)

Wati : “Wahh kagak bisa dibiarin nih, penjual buah yang terkenal di pasar ini pan guaa, kalo si Zaenab dagangannya laku terus bisa kesaing gua”

Zaenab : “Mpok, kagak pulang? Pan udah sore’ (Sambil membawa sebagian buah yang tersisa)

Wati : “Gua mao pulang kapan kek, emang urusan lo Nab, ehh mumpung ada lu disini, lu pake pelet apaan si ampe dagangan lu laku semua? Hahh?”

Zaenab : “Astaghfirullah mpok, aye kaga pake yang begituan, dirumah aye pan banyak kebon jadi aye rawat sendiri, petik buah juga langsung dari poon ntu”

Wati : “Kagak percaya gua, lu pasti maen pelet nih, lu mao nyaingin gua pan?”

Zaenab : “Mpok, dari dulu ampe sekarang juga semua orang di kampung ini tau kios yang terkenal itu ya kios mpok, aye mah kaga ada niat buat nyaingin mpok, tujuan aye dagang buat makan sehari-sehari, kalo masalh laku yaa mungkin udah rejeki dari Allah mpok”

Wati hanya terdiam mendengar ucapan Zaenab yang begitu halus dan bijak tapi niat Wati untuk menghancurkan kios Zaenab tetap diinginkannya, alhasil Wati pun memanggil centeng untuk membuat suatu rencana

Ucup : “Jadi gimane nih mpok rencana kite”

Wati : “Lu dengerin bae-bae yee, ntar malem nih lu ke pasar, berantakin kios nye Zaenab, kalo perlu colongin ntuh duit yang ada di laci nye, inget jangan ampe ketauan”

Ucup : “Okedah mpok, duitnya mane mpok? Hhehe”

Wati : “Kerja dulu baru gua kasih duit”

Malam pun tiba, Ucup segera bergegas ke pasar dan mengobrak-abrik kios Zaenab tanpa seorang pun yang tahu.

Esok paginya…

Zaenab : “ASTAGHFIRULLAH!! ALLAHU AKBAR!! Apa-apaan ini? Kenape jadi begini ya Allah”

Mamat : “Astaghfirullah, ada apa ini Mpok?” (Mamat adalah seorang guru ngaji yang jago silat di kampung itu)

Zaenab : “Aye juga kagak tau Mat kayaknya semalem ada maling, duit aye juga ilang semua”

Mamat : “Sabar ya Mpok, mungkin ini cobaan buat Mpok, Mpok harus ikhlasin semuanya”

Penjelasan:

gitu bukan

2. Tradisi di daerah Betawi salah satunya adalah Lenong Betawi,

Pertanyaan: 2. Tradisi di daerah Betawi salah satunya adalah Lenong Betawi, Tuliskan apa yang kamu ketahui tentang Lenong Betawi dan apa saja persyaratan dalam membuat pertunjukan Lenong Betawi!​

Jawaban:

Lenong Betawi adalah salah satu tradisi budaya yang berasal dari masyarakat Betawi, Jakarta. Lenong Betawi merupakan sebuah pertunjukan teater komedi tradisional yang menggabungkan unsur humor, musik, tarian, dan dialog yang kaya dengan bahasa Betawi.

Pertunjukan Lenong Betawi pada umumnya melibatkan sekelompok seniman yang terdiri dari para pelawak (lawak) yang disebut sebagai “semar”, sutradara/musikus yang memegang kendali musik, penari atau penari penyambung dalam adegan tarian, dan para pemeran utama yang membawakan cerita dengan dialog dan komedi. Pertunjukan ini biasanya dilakukan di panggung terbuka atau panggung sederhana.

Berikut adalah persyaratan yang umumnya diperlukan dalam membuat pertunjukan Lenong Betawi:

1. Pengetahuan Budaya Betawi: Para seniman dan pemeran harus memiliki pemahaman yang baik tentang budaya, adat istiadat, dan bahasa Betawi. Mereka harus menguasai bahasa Betawi untuk menyampaikan dialog dan humor dengan baik.

2. Kostum dan Tata Rias: Para pemeran harus menggunakan kostum tradisional Betawi yang sesuai dengan karakter yang mereka perankan. Kostum tersebut mencakup pakaian tradisional, aksesori, dan tata rias wajah yang khas Betawi.

3. Kelenturan dan Kreativitas: Para seniman harus memiliki kelenturan dalam menampilkan komedi dan improvisasi. Mereka harus mampu beradaptasi dengan situasi yang terjadi saat pertunjukan berlangsung dan menghadirkan komedi yang menghibur.

4. Alat Musik Tradisional: Pertunjukan Lenong Betawi juga melibatkan penggunaan alat musik tradisional Betawi seperti gambang kromong, kecapi, suling, gendang, kendang, dan lain-lain. Penggunaan alat musik ini memberikan nuansa musik yang khas dalam pertunjukan.

5. Skrip dan Dialog: Pertunjukan Lenong Betawi biasanya mengikuti skrip dan dialog yang sudah ditentukan, tetapi juga memberikan ruang untuk improvisasi dan ad-lib. Para pemeran harus menguasai dialog dengan baik, termasuk kemampuan menjaga ritme humor dan memainkan kata-kata.

6. Peran dan Karakter: Setiap pemeran dalam pertunjukan Lenong Betawi memiliki karakter dan peran yang berbeda-beda. Mereka harus mampu menghayati karakter yang mereka perankan dan menjalankan peran tersebut dengan baik.

7. Koreografi dan Gerakan: Pertunjukan Lenong Betawi juga melibatkan tari dan gerakan yang mengiringi cerita. Para pemeran harus memiliki kemampuan dalam menjalankan gerakan tari yang khas Betawi dengan baik dan sinkron dengan musik.

8. Humor Tradisional: Pertunjukan Lenong Betawi terkenal dengan humor tradisionalnya yang menghibur. Para pemeran harus memiliki kemampuan dalam menyampaikan humor dengan baik, menggunakan bahasa Betawi, dan memahami nuansa komedi bagi penonton.

Itulah beberapa persyaratan dalam membuat pertunjukan Lenong Betawi. Pertunjukan ini memiliki nilai historis dan kultural yang tinggi bagi masyarakat Betawi dan juga merupakan bagian tak terpisahkan dari identitas budaya mereka.

buatlah naskah drama lenong betawia. lenong denesb. lenong premanbebas kok

Pertanyaan: buatlah naskah drama lenong betawi
a. lenong denes
b. lenong preman
bebas kok mau bikinin skenario yang mana aja
tolong banget ya

pereman betawi
abi:loe mau ngapain masuk kawasan kite?
paul:tau! gak tau diri
toro:loe cari masalah sama kite?
belom tau akibanye.
jenap:ngga bang!kite kagag nyari masalah bang.kite lagi maen doang.
paul:yaudah sono pergi aje loe bocah.

#maaf ya cuma sedikit.dan kalau salah
#semoga membantu.

Tolong buatkan naskah drama lenong betawi 5 orang perempuan singkat

Pertanyaan: Tolong buatkan naskah drama lenong betawi 5 orang perempuan singkat

Berikut ini contoh naskah drama lenong Betawi yang terdiri atas 5 orang perempuan:

Judul: Berjualan Buah

Di sebuah pasar, pada sore hari.

  • Zaenab : “Yaudehh kasih pas nya aje dah, sekilo nye 10 rebu”
  • (sambil membungkuskan buah untuk pembelinya)
  • Pembeli : “Hehehe okedeh, mpok Zaenab emang penjual yang paling baee dahh”
  • Zaenab : “Yehh bisa aje lo”
  • Saat itu juga di samping kios buah mpok Zaenab
  • Wati : “Buah nyee bu, manis-manis kaga ade yang asemm yang asem cuma punye tetangga sebelah, ayoo bu dibelii”
  • Terlihat Wati yang sedang berusaha menarik perhatian pemebeli untuk membeli buah-buahnya yang daritadi tidak laku.
  • Wati : “Bingung gua, kios nye Zaenab ngapa rame mulu yak, dari dulu semenjak ada die di pasar ini selalu aje kios gua yang sepi, pake pelet apaan ntuh die”
  • Pembeli : “Mpok.. jeruknye sekilo berape?”
  • WatI : “Akhirnyee nongol juga pembeli, 20 rebu”
  • Pembeli : “Waduh mahal bener, di sebelah cuma 10 rebu”
  • Wati : “Yehh elu begimana si, disebelah pan buah nye asem-asem lah kalo gua mah jualnya yang manis asli langsung dari poonnye”
  • Pembeli : “Ahh masa si, aye pernah beli kali mpok buah disini, asem-asem!!”
  • Wati : “Alahh bilang aje lu kaga punya duit, orang miskin beli buah mana bisa si, udah dah ahh beli sono di tempat laen, bikin gua emosi ajee”
  • Pembeli : “Yehh biasa dong mpok, aye juga niatnye mau beli buah disebelah tapi udah abis, terpaksa aye beli disini”
  • Wati : “Apa lu kata? Udah abiss buahnye? Bujud dahh tambah kalah aje gua”
  • Pembeli : “Emang aye pikirin buat pedagang yang sombong, pelit kayak mpok mah pantes dapet kaya gitu” (Sambil pergi meninggalkan kios Wati)
  • Wati : “Wahh kagak bisa dibiarin nih, penjual buah yang terkenal di pasar ini pan guaa, kalo si Zaenab dagangannya laku terus bisa kesaing gua”
  • Zaenab : “Mpok, kagak pulang? Pan udah sore’ (Sambil membawa sebagian buah yang tersisa)
  • Wati : “Gua mao pulang kapan kek, emang urusan lo Nab, ehh mumpung ada lu disini, lu pake pelet apaan si ampe dagangan lu laku semua? Hahh?”
  • Zaenab : “Astaghfirullah mpok, aye kaga pake yang begituan, dirumah aye pan banyak kebon jadi aye rawat sendiri, petik buah juga langsung dari poon ntu”
  • Wati : “Kagak percaya gua, lu pasti maen pelet nih, lu mao nyaingin gua pan?”
  • Zaenab : “Mpok, dari dulu ampe sekarang juga semua orang di kampung ini tau kios yang terkenal itu ya kios mpok, aye mah kaga ada niat buat nyaingin mpok, tujuan aye dagang buat makan sehari-sehari, kalo masalh laku yaa mungkin udah rejeki dari Allah mpok”
  • Wati hanya terdiam mendengar ucapan Zaenab yang begitu halus dan bijak tapi niat Wati untuk menghancurkan kios Zaenab tetap diinginkannya, alhasil Wati pun memanggil centeng untuk membuat suatu rencana
  • Ucup : “Jadi gimane nih mpok rencana kite”
  • Wati : “Lu dengerin bae-bae yee, ntar malem nih lu ke pasar, berantakin kios nye Zaenab, kalo perlu colongin ntuh duit yang ada di laci nye, inget jangan ampe ketauan”
  • Ucup : “Okedah mpok, duitnya mane mpok? Hhehe”
  • Wati : “Kerja dulu baru gua kasih duit”
  • Malam pun tiba, Ucup segera bergegas ke pasar dan mengobrak-abrik kios Zaenab tanpa seorang pun yang tahu.
  • Esok paginya…
  • Zaenab : “ASTAGHFIRULLAH!! ALLAHU AKBAR!! Apa-apaan ini? Kenape jadi begini ya Allah”
  • Mamat : “Astaghfirullah, ada apa ini Mpok?” (Mamat adalah seorang guru ngaji yang jago silat di kampung itu)
  • Zaenab : “Aye juga kagak tau Mat kayaknya semalem ada maling, duit aye juga ilang semua”
  • Mamat : “Sabar ya Mpok, mungkin ini cobaan buat Mpok, Mpok harus ikhlasin semuanya.

Pembahasan

Drama adalah sebuah bentuk seni pertunjukan yang menggambarkan cerita atau konflik melalui aksi, dialog, dan penampilan karakter yang dilakukan oleh aktor di atas panggung atau dalam format media lainnya. Biasanya, drama menciptakan pengalaman visual dan emosional bagi penontonnya dengan menggambarkan konflik, perubahan, dan pertumbuhan karakter, serta menyampaikan pesan atau tema tertentu. Drama dapat dijalan di berbagai genre, termasuk komedi, tragedi, teater musikal, dan banyak lagi, serta memiliki peran penting dalam ekspresi budaya, hiburan, dan pembelajaran.

Pelajari Lebih Lanjut

  • Materi tentang naskah cerpen https://brainly.co.id/tugas/13847280
  • Materi tentang Tema dari cuplikan drama https://brainly.co.id/tugas/29178297
  • Materi tentang drama https://brainly.co.id/tugas/39835936

Detail Jawaban

Kelas    : SMA

Mapel  : Bahasa Indonesia

Bab     : Drama

Kode  : –

#TingkatkanPrestasimu

#SolusiBrainly

buatlah naskah drama lenong betawi a.lenong denesb.lenong preman

Pertanyaan: buatlah naskah drama lenong betawi
a.lenong denes
b.lenong preman

b. kalo gak salah, klo salah maaf.. soalnya aku lupa

buatlah naskah drama lenong betawia. lenong premanb. lenong denesbebas mau

Pertanyaan: buatlah naskah drama lenong betawi
a. lenong preman
b. lenong denes
bebas mau bikinin skenario yang mana aja
tolong banget ya

Semua : Assalammualaikum, Selamat Menyaksikan

(Semua Keluar)

Nurul : Wah aye baru dapet duit ama perhiasan dari arisan

Beruntung banget arisan hari ini

Siti : Wah, ada mangsa nih lumayan buat bayar sekolah anak aye nih

(Nurul keluar)

(Syifa dan Kartika pulang)

Syifa Kartika : Assalammualaikum, nyak aye eh kami pulangg

Hah nyak mane? (sambil menengak-nengok kanan kiri)

(Nurul masuk kedalam)

Nurul : Wah anak-anak nyak udah pulang rupanye

Syifa Kartika : NYAKK, minta duit dongg

Nurul : Waduh, nyak Kagak punya duit nih

Kartika : Wahh, nyak boong ya, kan nyak baru arisan (sambil menunjuk-nunjuk)

Nurul : Tapii, nyak gak dapet

Syifa Kartika : Masaa? (meremehkan)

Nurul : Ya udah mending kita beli makan aja gimana?

Siti : Kesempatan masuk deh buat makan, secentong cukup gak yaa?

Eh-eh-eh kok makan! Nyuri kalee

(Mereka keluar,tetapi ditengah jalan mereka berkompromi kembali)

(Sedangkan Siti/pencuri masuk kedalam rumah)

Siti : Masuk deh sekarang makan et-et-et Nyuri aduh dodol banget sihh

Nurul : Mau makan apa?

Syifa : Aku Nasi Jeruk aja

Nurul : Hah Nasi Jeruk!

Syifa : Upss salah,Nasi Uduk dehh

Nurul : Ya gitu, kamu apa Kartika?

Kartika : Makanan yang mahal aja deh pasti enak

Nurul : Ya ampun kamyu gimana sihh makan spageti itu nyak gak punya duit

Kartika : Kok spageti sih, mahal kele

Nurul : Iya maksud nya gitu

Ya udah tapi gak usah terlalu mahal ya

Kartika : Okey, emm tapi aye kehausan nih minum dulu ya nyak,tapi tungguin ya

(Sementara dirumah, Siti sedang mencari uang,sedangkan Kartika sedang dijalan)

Siti : Aduh ntar malem aja deh aye nyuri rebet amet

Kartika : Hah apa tuh item-item (sambil muter-muter badan Siti)

Siti : Emm aaaa-ye te-te-men nyak kamu iya temen nyak kamu

Kartika : Tapi perasaan nyak aye gak punya temen item kayak ente

Ah biar deh mau minum apa air ape teh, air putih/Sirup ?

Siti : Emmmm (seperti kebingungan)

Adaaa es jeruk gak?

Kartika : Emmm ada tapiii, bikin aja sendiri!

Siti : Jeruknya ada dimana?

Kartika : Ada diii pohonnya!

Siti : Ya udah aye pulang dulu ya

Kartika : Emm ya udah deh, Dada.. Keluar bareng yaa

(Setelah mereka keluar langsunglah Siti pergi dan kabur)

(Pada malam harinya,Siti kembali mengendap-endap)

(Nurul,Syifa dan Kartika sudah pulang)

Nurul : Huh, untung aye kagak ketauan, selamat-selamat

Aye tidur ah

Siti : Nah kesempatan

Syifa : Kartika, minum yuk aus Nich..

Kartika : Ayo, aye juga aus

(Ketika Syifa dan Kartika sedang minum mereka melihat Siti)

Syifa : Eh tuh item-item apaan yah?

Kartika : Paling pencuri

Syifa : Hah! Pencuri ?!

Syifa Kartika : (Saling menengok) NYAKK!!!

Nurul : Ape? ada ape sih?

Syifa : Ada pencuri nyak-ada pencuri

Nurul : Hah! (Kaget) panggil suster, panggil tukang pos, panggil tukang Baso…

PANGGIL HANSIP!!! (Sambil teriak)

(Kartika dan Syifa langsung keluar untuk memanggil hansip)

Kartika : Pak Bu Dek.. ahh apa lah ada pencurii

Hanny : Ooh pencuri (santai dan sambil minum kopi)

Hah! PENCURI !!!

(Akhirnya Hanny menangkap Siti si pencuri, sedangkan Nurul mencari perhiasannya dan uangnya tetapi Syifa dan Kartika melongo)

Hanny : Bu ini sudah tertangkap,saya minta plus ya bu

Nurul : Pulus aja lo yang dipikirin? Nich 1000 aja yaa

Hanny : 1000 doang, Beli apaan cuman 1000 (Protes)

Beli pemen Doang Delapan Biji

Syifa Kartika : Tuh,kan Nyak boong.. katanya kagak punya uang.

SEMUA : Sekian dari kami,mohon maaf kurang lebihnya Assalammualaikum

Tolong buatin aku naskah lenong Betawi dong untuk 7 orang

Pertanyaan: Tolong buatin aku naskah lenong Betawi dong untuk 7 orang … pliss Kaka Kaka tolong y ,

cari disini aja lengkap kok ada 7 orang tongsampahhhh.blogspot.co.id/2012/01/naskah-lenong-betawi-anak-jakarta.html

Ada yang punya naskah lenong betawi gak?? Kalo punya foto

Pertanyaan: Ada yang punya naskah lenong betawi gak?? Kalo punya foto ya!! Yang untuk 7 orang !!
Mksh…

maaf aku tdk punya dan maksudnya apa

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *