Jawaban

Pada Dasarnya Prinsip Kerja Dalam Aplikasi Softswitch Diawali Dari

Apakah kamu sedang mencari pada dasarnya prinsip kerja dalam aplikasi softswitch diawali dari, maka kamu berada di halaman yang tepat. Kami mempunyai sekitar 10 tanya jawab mengenai pada dasarnya prinsip kerja dalam aplikasi softswitch diawali dari. Silakan baca lebih lanjut di bawah ini agar dapat menambah wawasan kita semua dalam belajar.

aplikasi softswitch lebih dikenal sebagai solusi komunikasi terbaik

Bagaimana cara kerja server softswitch berkaitan dengan pbx

Pertanyaan: Bagaimana cara kerja server softswitch berkaitan dengan pbx

Cara kerja Server Softwitch berkaitan dnegan PBX yaitu :

Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan cara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur server, klien SIP, baik berupa perangkat lunak atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan maka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar semua ponsel atau pengguna dan alamat sesuai dengan SIP dan dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui Gateway VOIP atau menyediakan layanan VOIP.

Pembahasan

  • PBX (Private Branch Exchange) adalah sebuah sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang digunakan oleh suatu lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasi internal perusahaan tersebut.
  • VOIP (Voice Over IP) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket data dan bukan lewat jalur sirkuit analog biasa.
  • SIP (Session Intiation Protocol) adalah suatu signalling protokol pada layer aplikasi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang Fungsi layanan VOIP : brainly.co.id/tugas/13407278
  2. Materi tentang manfaat server pada jaringan komputer : brainly.co.id/tugas/3124776

Detil Jawaban

Kelas : IX (SMP)

Mapel : TIK

Bab : Layanan dalam internet

Kode : 9.11.6

Kata Kunci : Server Softwitch  dengan PBX

Aplikasi Layanan Server Softswitch berbasis SIP ?

Pertanyaan: Aplikasi Layanan Server Softswitch berbasis SIP ?

Penjelasan:

Rayana sumber Indonesia llpl

Pada dasarnya, prinsip kerja dalam aplikasi softswitch diawali dari….

Pertanyaan: Pada dasarnya, prinsip kerja dalam aplikasi softswitch diawali dari….

Jawaban:

Call agent

Penjelasan:

CMIIW

bagaimana cara kerja softswitch berbasis SIP

Pertanyaan: bagaimana cara kerja softswitch berbasis SIP

Pengertian SIP
Apa itu SIP ? SIP adalah singkatan dari Session Initiation Protocol suatu signalling protocol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu user atau lebih. Sesi ini adalah pertukaran data antar user yang meliputi suara,video,dan text.
SIP tidak menyediakan layanan secara langsung tapi menyediakan layanan yang dapat digunakan oleh protokol aplikasi lainnya untuk memberikan layanan yang lebih lengkap bagi pengguna, misalnya dengan RTP (Real Time Transport Protocol) untuk transfer data secara realtime, dengan SDP (Session Description Protocol) untuk mendiskripsikan sesi multimedia , dengan MEGACO (Media Gateway Control Protocol) untuk komunikasi dengan PSTN (Public Switch Telephone Network). Dengan demikian, fungsi dan operasi dasar SIP tidak tergantung pada protocol tersebut. SIP juga tidak tergantung pada protokol layer transport yang digunakan.moga bermanfaat :v

Jelaskan layanan dan aplikasi softswitch

Pertanyaan: Jelaskan layanan dan aplikasi softswitch

Jawaban:

Softswitch adalah perangkat pusat dalam jaringan komunikasi yang menghubungkan panggilan dari satu saluran telepon ke seluruh saluran jaringan komunikai atau internet publik, dengan menggunakan perangkat lunak yang berjalan pada sistem komputer dengan tujuan umum.  

Konsep Dasar Softswitch

Konsep dasar dari layanan yang diberikan softswitch adalah untuk mendukung kebutuhan konvergensi layanan masa datang, yaitu terintegrasi layanan suara dan data dalam satu platform jaringan. Oleh karena itu implementasi jaringan berbasis softswitch didesain untuk menyediakan layanan berupa teleponi, data, internet, dan multimedia.

Konsep dasar penyediaan layanan telepon oleh softswich harus mampu menyediakan layanan telepon minimal setingkat dengan layanan layanan yang sudah diberikan oleh PSTN dengan berbagai kelengkapan fiturnya. Jenis layanan yang sudah diberikan kepada pelanggan selama ini, diantaranya sebagai berikut :

Komunikasi lokal

Komunikasi jarak jauh

Komunikasi international

Emergency Services

Number portability

Televoting

Prepaid dan postpaid

Service Class

Voice VPN

Toll free

Layanan Softswitch

sebaGai penyedia layanan telepon dan data, sistem pada softswitch harus dapat diimplementasikan sebagai switch kelas 4, switch kelas 5, dan titik interkoneksi. Dalam praktek implementasnya, masing-masing jenis kelas tersebut dapat berdiri sendiri ataupun juga bisa berkombinasi.

Aplikasi atau fitur di dalam system software dapat diberikan oeh 2 server yaitu :

Features Server (Basic Application)

Application Server (Enchanced Application)

Feature server  

feature server adalah elemen jaringan softswitch yang berfungsi untuk menyediakan fitur fitur untuk layanan telepon. Feature server harus memiliki fasilitas Application Programming Interfaces (APls) yang memungkinkan operator atau pihak pengembang layanan dapat mengembangkan sendiri fitur fiitur yang akan diberikan kepada pelanggan.

Application Server  

application server adalah elemen jaringan softswitch yang berfungsi menyediakan aplikasi tambahan, termasuk logika pelayanan dan eksekusinya terhadap satu atau lebih aplikasi dan atau layanan.

Media Server

Media server adalah elemen jaringan sebagai penyedia media pemroses dalam mendukung kinerja aplikasi serperi audio video conferencing, brandig of services, music-on-hold, dll.

Softswitch dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas 4 dan kelas 5 :

Softwitch yang digunakan untuk lalu lintas antara operator biasanya disebut kelas 4 softswitch fungsi utama dari kelas 4 softswitch adalah besarnya ukuran routing dari panggilana jarak jauh. karakteristik dari softswitch kelas 4 adalah mendukug protokol dan konversi, transcoding, Call per second rate, average time of one call routing, number of concurrent calls.

kelas 5 softswitch dimaksudkan untuk berkerja dengan end-user. Softswitch keals 5 ini baik untuk layanan telepon lokal dan jarak jauh. kelas 5 softswitch ditandai dengan layanan tambahan untuk end-user dan klien perusahaan seperti IP PBX fitur, Call center services, calling card platform, Qos, Group Busines, dan lain lain.

Layanan Kelas 4 Softswitch

Time Dependent Routing

softswitch harus mampu melakukan pemilihan jalur routing berdasarkan waktu dalam hari dan hari dalam minggu.

Routing for Operator

softswitch harus mampu melakukan pemilihan jalur outing berdasarkan operator trafik tersebut berasal.

Routing for Services

softswitch harus mampu melakukan pemilihan jalur routing berdasarkan jenis layanan tertentu dan trafik yang masuk. Misalnya pemilihan routing tertentu untuk layanan emergency, AIN dan lain lain.

Routing for Network

softswitch harus mampu melakukan pemilihan jalur routing berdasarkan jenis jaringan. Misalnya routing tertentu untuk trafik rusak yang berasal dari jaringan seluler, PSTN, VoIP, VPN, dan lain lain.

MAAF JIKA TERJADI KESALAHAN DALAM MENULIS:)

sebutkan aplikasi pada softswitch ???​

Pertanyaan: sebutkan aplikasi pada softswitch ???​

Jawaban:

1.Gateway Controller (GC)

2.Signaling Gateway (SG)

3.Media Gateway (MG)

4.Feature Server (FS)

5.Media Server (MS)

langkah langkah kerja softswitch

Pertanyaan: langkah langkah kerja softswitch

Cara Kerja Softswitch

MGC akan bekerja di tataran pengaturan panggilannya (call control) serta call processing. MGC akan mengontrol panggilan yang masuk untuk mengetahui jenis media penggilan dan tujuannya.

Dari situ, MGC akan mengirikan sinyal ke MG untuk melakukan koneksi, baik intrakoneksi jaringan sirkuit ke sirkuit atau paket ke paket maupun interkoneksi jaringan sirkuit ke paket dan sebaliknya.

Jika diperlukan, MGC akan meminta MG melakukan konversi media yang sesuai dengan permintaan, atau langsung meneruskan panggilan jika tidak diperlukan konversi.

Antara MGC dan MG sendiri akan saling berhubungan dengan protokol Megaco atau MGCP (Media Gateway Control Protocol).
 Sementara itu, satu MGC akan berhubungan dengan MGC yang lain, baik itu yang berada di jaringan yang sama maupun berbeda, dengan mengirimkan protokol sinyal tertentu. Untuk jaringan sirkit, MGC akan mengirimkan SS7 (Signalling System 7), sementara jika berhubungan dengan jaringan paket, maka MGC akan menggunakan H.323 atau SIP (Season Initiation Protocol).

Semoga membantu 🙂

1.bagaimana konsep kerja server softswitch?2.apakah yang dimaksud sip dan softswitch?3.jelaskan

Pertanyaan: 1.bagaimana konsep kerja server softswitch?

2.apakah yang dimaksud sip dan softswitch?

3.jelaskan bagaimanakah prosedur instalasi server softswitch berbasis sip?

1. Softswitch merupakan suatu alat yang bekerja pada jaringan VoIP. Softswitch menghubungkan antara jaringan sirkuit yang ada dengan jaringan paket. Jaringan tersebut meliputi jaringan telpon tetap (PSTN), internet yang berbasis IP, kabel TV dan juga jaringan seluler (GSM). Lalu bagaimana cara kerja Softswitch sendiri? Pada artikel kali ini akan kita bahas Konsep Kerja Protokoler Server Softswitch yang merupakan bagian dari artikel bertema VoIP.

2. SIP adalah suatu signalling protocol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yangbisa meliputi suara, video, dan text.

3. Pertama adalah menghubungkan SIP proxy dengan PBX system existing sebagai gateway ke PSTN. Untuk menghubungkan dari IP Network ke PSTN, SIP proxy akan me-routing-kan seluruh panggilan dari panggilan VoIP ke PSTN. Link koneksi bisa menggunakan PRI ISDN maupun T1 Pertama yang harus dilakukan adalah setup SIP proxy (SIP call manager), setelah set-up berjalan dengan baik, selanjutnya tinggal menghubungkan ke PBX existing dengan link ISDN, E1 atau T1.

Kedua ,selanjutnya adalah migrasi existing user dan services ke SIP. Migrasi semua handset ke SIP baik menggunakan gateway maupun mengganti dengan handset yang native SIP. Pendekatan dengan menggabungkan keduanya biasanya menjadi pilihan yang baik. Selanjutnya adalah set-up SIP application server untuk mengakomodasi fitur-fitur yang dibutuhkan user seperti voice mail, multi-party conferencing, IVR, fine me follow me dan masih banyak lagi fitur yang disupport SIP.
Ketiga, Terakhir melakukan routing panggilan ke luar melalui koneksi internet.Banyak operator memulai menjual SIP based dengan menawarkan layanan long distance dengan harga yang lebih murah. Yang perlu diantisipasi adalah nature network internet yang unpredictable (seperti jitter dan error rate) dan tentu saja security. Sebagai tahap awal SIP dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan panggilan ketika diluar kantor atau teleworkers.

semoga membantu…

cara konsep kerja server softswitch ?

Pertanyaan: cara konsep kerja server softswitch ?

processing. MGC akan mengontrol panggilan
yang masuk untuk mengetahui jenis media
penggilan dan tujuannya. Dari situ, MGC
akan mengirikan sinyal ke MG untuk
melakukan koneksi, baik intrakoneksi jaringan
sirkuit ke sirkuit atau paket ke paket maupun
interkoneksi jaringan sirkuit ke paket dan
sebaliknya. Jika diperlukan, MGC kan
meminta MG melakukan konversi media yang
sesuai dengan permintaan, atau langsung
meneruskan panggilan jika tidak diperlukan
konversi.
Antara MGC dan MG sendiri akan saling
berhubungan dengan protokol Megaco atau
MGCP (Media Gateway Control Protocol) .
Sementara itu, satu MGC akan berhubungan
dengan MGC yang lain, baik itu yang berada
di jaringan yang sama maupun berbeda,
dengan mengirimkan protokol sinyal tertentu.
Untuk jaringan sirkit, MGC akan mengirimkan
SS7 (Signalling System 7) , sementara jika
berhubungan dengan jaringan paket, maka
MGC akan menggunakan H.323 atau SIP
(Season Initiation Protocol) .
Sedangkan MG sendiri ‘hanya’ akan bekerja
sebagai converter antara jaringan sirkuit
dengan jaringan paket. Di sini fungsi
softswitch menjadi hanya setara dengan
‘switch analog’ dan tidak memberikan
layanan yang lain. MG juga bisa bekerja di
sisi pelanggan maupun penyedia layanan,
dimana softwitch bukan hanya berfungsi
sebagai converter, namun juga memberikan
feature lebih, termasuk dial-tone tentunya.
Pada posisi ini, maka softswitch akan
bekerja lebih kompleks.

Jelaskan perbedaan dari Aplikasi Server Softswitch Asterisk dengan Briker !

Pertanyaan: Jelaskan perbedaan dari Aplikasi Server Softswitch Asterisk dengan Briker !

Jawaban:

briker adalah distribusi linux yg didalamnya terdapat aplikasi server yg memungkinkan pengguna mengimplementasikan layanan VoIP,membangun sentral teleponan sendiri.

Penjelasan:

semoga membantu ya kak tolong jadikan jawaban tercerdas

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *