Jawaban

Program C++ Menghitung Luas Persegi Panjang

Apakah kamu sedang mencari program c++ menghitung luas persegi panjang, maka kamu berada di halaman yang tepat. Kami mempunyai sekitar 5 tanya jawab mengenai program c++ menghitung luas persegi panjang. Silakan baca lebih lanjut di bawah ini agar dapat menambah wawasan kita semua dalam belajar.

program sederhana  menghitung luas persegi fti ars university

Buatlah program C++ untuk menghitung luas dan keliling persegi panjang.User

Pertanyaan: Buatlah program C++ untuk menghitung luas dan keliling persegi panjang.User memasukan sebuah bilangan berupa panjang dan lebar persegi panjang,kemudian program akan menampilkan luas dan keliling pesegi panjang.​

Jawaban:

#include <iostream>

using namespace std;

int main()

{

   float panjang, lebar, luas, keliling;

   cout << “Masukkan panjang persegi panjang: “;

   cin >> panjang;

   cout << “Masukkan lebar persegi panjang: “;

   cin >> lebar;

   // Menghitung luas

   luas = panjang * lebar;

   // Menghitung keliling

   keliling = 2 * (panjang + lebar);

   cout << “Luas persegi panjang adalah ” << luas << endl;

   cout << “Keliling persegi panjang adalah ” << keliling << endl;

   return 0;

}

Jonas dan made membawa kue yang sama besar.kue jonas dipotong

Pertanyaan: Jonas dan made membawa kue yang sama besar.kue jonas dipotong menjadi 6 bagian sama besar.Jonas suda memakan 2potong.Kue made dipotong menjadi 4 bagian sama besar ,made sudah memakan 2potong. soal! 1.Berapa bagian kue yang sudah dimakan Jonas?(tulis dalam bentuk pecahan). 2.Berapa bagian kue yang dimakan made?(tulis dalam bentuk pecahan). 3.Siapa yang memakan kue lebih besar? 4.Tuliskan menggunakan perbandingan tanda lebih besar atau lebih kecil.Tolong dijawab kakak.

TAMBAHKAN JAWABAN
+5 POIN

Tanyakan yunuspkp43 mengenai soal ini…
yunuspkp43 menunggu jawabanmu.
Bantu jawab dan dapatkan poin.
Pertanyaan baru di Matematika
a. c. 64 1. Hitunglah hasil dari bilangan berpangkat berikut. (-5)5 b. (-3) 8 d. 11-3 Jawab: 2. Tulislah dalam bentuk paling sederhana. m4 x m2 b. (15…
Latihan 8 Mari isi titik-titik berikut 6/5+1 3/4=
tolong sepupu kak, mau dikumpulkan ni, soalnya udah dipanggil kepala sekolah,kalau dikeluarin
sebuah lingkaran memiliki keliling 35 phi cm Maka luas lingkaran tersebut adalah
Disain sebuah rumah memiliki panjang 20 cm dan tinggi 12 cm.Jika panjang rumah sebenarnya 30m,maka tinggi rumah sebenarnya adalah….m Bantu ya kak b…
Seorang anak mendapatkan bagian uang yang sama dari ibunya sebesar 6000 dari seluruh anak yang berjumlah 8 orang.berapakah bagian masing-masing anak j…
tIpong ya kak asal:lapor plis tolongin
3.Tentukan bayangan sebuah lingkaran x2 + y2 – 8x + 4y + 11 = 0 yang ditranslasikan sejauh T= (1-2) tolong jawab ya pr soalnya
Lebar jendela kelas adalah 0,5 m berapa sentimeter lebar jendela kelas
Bagian C & D saja ✓ Di Gambar
kebun pak ahmad memiliki panjang 80 meter dan lebar 60 meter. berapa keliling kebun pak ahmad ?
Tentukan pertidaksamaan dari daerah penyelesaian tersebut Tolong ya Kaka……
bentuk paling sederhana dari 4kodi : 19gross
1. Pada segitiga PQR siku siku di Q berlaku..
hitung panjangbc dan luas abc
tolong sepupu kak, mau dikumpulkan ni, soalnya udah dipanggil kepala sekolah,kalau dikeluarin
tolong bantu plis besok di kumpulkan
Tentukan volume kubus 7 cm
please tolongin, soalnya harus dikumpulin hari ini
Luas persegi PQRS adalah…

MUAT LEBIH BANYAK
Sebelumnya
Berikutnya
Tanyakan pertanyaanmu
Tentang kami
Tentang kami
Karier
Kontak
Blog Brainly Indonesia
Bantuan
Syarat dan ketentuan
Cara memperoleh poin
Iklan
Ketentuan privasi
Responsible disclosure program

Dapatkan App Brainly
Unduh App Android
Situs ini me

Jawaban:

kue Jonas: 6-2=4

kue Made: 4-2=2

Yang memakan kue lebih besar adalah Made

Perbandingan kue Jonas dan kue Made adalah 2 banding 3

1.5 TUGAS MANDIRI Kerjakan soal-soal berikut ini: 1. Buatlah sebuah

Pertanyaan: 1.5 TUGAS MANDIRI Kerjakan soal-soal berikut ini: 1. Buatlah sebuah program Bahasa C yang menampilkan NIM, NAMA dan JURUSAN Anda di layar! 2. Buatlah sebuah program Bahasa C untuk menghitung luas persegi panjang dengan ukuran Panjang 10 cm dan lebar 7 cm!​

Kode Program C

Nomor 1

Alternatif 1: Tanpa Variabel

#include <stdio.h>

int main() {
   // Cetak nim
   printf(“NIM: 137689001n”);
   // Cetak nama
   printf(“NAMA: Seorang Manusian”);
   // Cetak jurusuan
   printf(“JURUSAN: Informatikann”);
   return 0;
}

Alternatif 2: Dengan Variabel

#include <stdio.h>

int main() {
   // Deklarasi variabel sekaligus isinya
   char nim[] = “137689001”;
   char nama[] = “Seorang Manusia”;
   char jur[] = “Informatika”;

   // Cetak nim
   printf(“NIM: %sn”, nim);
   // Cetak nama
   printf(“NAMA: %sn”, nama);
   // Cetak jurusuan
   printf(“JURUSAN: %snn”, jur);
   return 0;
}

Output Hasil Eksekusi (Alt. 1 dan 2):

NIM: 137689001
NAMA: Seorang Manusia
JURUSAN: Informatika
_______________

Nomor 2

#include <stdio.h>

int main() {
   // Deklarasi variabel
   // sekaligus pemberian nilai
   int p = 10;
   int l = 7;
   int luas = p*l;

   // Cetak informasi
   printf(“Luas persegipanjang dengan panjang %d cm dan lebar %d cm, adalah %d cm persegi.n”, p, l, luas);
   return 0;
}

Output Hasil Eksekusi:

Luas persegipanjang dengan panjang 10 cm dan lebar 7 cm, adalah 70 cm persegi.

_______________

Pembahasan

Program-program di atas dikodekan dalam bahasa C murni, bukan C++, walaupun antara keduanya dapat saling bertukar pustaka (library). Agar jelas perbedaannya, akan lebih baik apabila ketika kita coding dalam bahasa C, kita hanya menggunakan pustaka dan karakteristik bahasa C saja.

  • Untuk program nomor 1, kita bisa membuat 2 alternatif program, yaitu tanpa variabel, dan dengan variabel, karena pada pertanyaan tidak ada batasan menggunakan variabel atau tidak, dan yang diminta hanya mencetak output atau menampilkan data teks saja.
  • Untuk program nomor 2, sebaiknya menggunakan variabel, agar dari kode program proses perhitungannya dapat tampak dengan lebih jelas.

Penjelasan tentang Deklarasi Variabel

Sintaks deklarasi variabel pada bahasa C (dan C++) mengikuti format umum:
<tipe> <nama_variabel>;

Kita bisa juga sekaligus melakukan inisialisasi nilai variabel, dengan menambahkan = <nilai variabel>, seperti ditunjukkan pada program di atas.

Khusus untuk tipe data string, pada bahasa C, dapat digunakan:

  • array dari karakter (seperti pada program nomor 1 alternatif 2), atau
  • char* (array dari karakter, namun berbasis pointer).

Perlu diperhatikan, jika kita menggunakan char*, dan kita langsung saja memberikan nilai pada variabel tanpa terlebih dahulu melakukan alokasi memori untuk variabel tersebut (eksplisit dengan alloc atau implisit dengan casting tipe data), compiler C (atau C++) yang berbasis ISO C akan menampilkan warning, namun eksekusi program tetap berjalan sesuai yang diharapkan.

Penjelasan tentang Output

Pada bahasa C, untuk mencetak output pada layar, digunakan fungsi printf(). Jika kita menggunakan variabel, kita dapat menggabungkan variabel-variabel dengan teks lain yang akan dicetak (disebut juga sebagai konstanta string), dengan menggunakan “placeholder” tertentu pada posisi di mana isi variabel akan dicetak.
Beberapa di antaranya, dalam format dasar, adalah:

  • %d atau %i: untuk variabel bertipe int,
  • %ld atau %li: untuk variabel bertipe long int,
  • %f: untuk variabel bertipe float,
  • %lf atau %g: untuk variabel bertipe double (double precision),
  • %c: untuk variabel bertipe char
  • %s: untuk variabel bertipe string
  • %x: untuk variabel bertipe hexadecimal

1. Yang dimaksud dengan algoritma dalam mempelajari bahasa pemrograman adalah

Pertanyaan: 1. Yang dimaksud dengan algoritma dalam mempelajari bahasa pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah komputer.
2. Algoritma harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Maksud dari bernilai salah atau benar dalam algoritma adalah algoritma harus logis.
3. Salah satu karakteristik algoritma adalah langkah-langkahnya dalam urutan yang jelas. Yang dimaksud langkah-langkah dalam urutan yang jelas adalah langkah-langkah algoritma harus dijelaskan dengan jelas
4. Sebuah algoritma harus memiliki karakteristik komputasi tersebut dapat melakukan operasi. Karakteristik ini disebut dengan….
5. Operasi yang digambarkan dalam algortima dipahami oleh suatu komputasi tanpa penyederhanaan lebih lanjut. Pernyataan ini menunjukkan karakteristik algoritma harus…
6. Berikan salah satu contoh pernyataan yang merupakan langkah algoritma!
7. Tuliskan pernyatan yang menyatakan proses algoritma?
8. Berikan contoh pernyataan yang disebut dengan Algoritma?
9. Jika membuat sebuah program luas persegi panjang maka data yang harus diinput adalah…
10. Pada program menghitung luas persegi panjang maka hasil akhir yang akan ditampilkan adalah…
11. Salah satu kriteria suatu algrotima adalah ada input dan output. Artinya agoritma harus…
12. Pengertian dari kriteria algortima harus efektif dan efisien adalah….

Perhatikan kode program berikut ini untuk mengerjakan soal nomor 13-16!

13. Dari kode program tersebut yang merupakan judul aplikasi ditunjukkan pada baris ke…
14. Pada baris berapa sajakah perintah untuk menerima input!
15. Pada baris berapakah proses penghitungan rumus dilakukan?
16. Berapakah isi variabel c jika alas diisi 5 dan tinggi diisi 10?
17. Apakah yang dimaksud dengan flowchart?
18. Flowchart yang memperlihatkan urutan prosedure dan proses dari beberapa file di dalam media terentu disebut dengan….
19. Flowchart yang merupakan urutan instruksi yang digambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program adalah….
20. Yang dimaksud dengan conceptual flowchart adalah….
21. Yang dimaksud dengan detail flowchart ditunjukkan adalah….
Perhatikan simbol-simbol flowchart berikut ini untuk mengerjakan soal nomor 22-25!
1) 4)
2) 5)
3)

22. Simbol decision yaitu simbol yang menunjukkan suatu kondisi yang akan menghasilkan dua kemungkinan dengan jawaban ya dan tidak ditunjukkan pada gambar…
23. Simbol pada gambar nomor 1 berfungsi menyatakan sambungan proses dari proses ke proses lainnya disebut…
24. Simbol yang digunakan untuk menyatakan awal dan akhir dari sebuah program ditunjukkan oleh nomor…
25. Simbol proses adalah simbol yang menyatakan suatu tindakan (proses) yang dilakukan oleh komputer ditunjukkan pada nomor…

mohon jawabannya, butuh bgt nii

Jawaban:

9. hitung luas persegi panjang dengan menggunakan rumus panjang kali lebar, menggunakan 2 variable dan di kalikan maka hasil akan di dapat.

yang lain tolong soal di lengkapi. karna ada contoh algoritmanya untuk menjawab

1. Dalam menyusun suatu program,langkah pertama yang harus di lakkukan

Pertanyaan: 1. Dalam menyusun suatu program,langkah pertama yang harus di lakkukan adalah : a. Membuat program b. Membuat Algoritma c. Membeli komputer d. Proses e. Mempelajari program 2. Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah di sebut : a. Proses b. Program c. Algoritma d. Step e. Diagram 3. Pseudocode yang di gunakan pada penulisan algoritma berupa : a. Bahassa Inggris b. Bahasa Puitis c. Bahasa pemograman d. Sembarang bahasa asal terstruktur e. Bahasa Mesin 4. Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah : a. Masalah-Pseudocode-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil b. Masalah-Algoritma-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil c. Masalah-Model-Algoritma-Eksekusi-Hasil d. Masalah-Model-Algoritma-Program-Eksekusi-hasil e. Algoritma-Program-Model-Eksekusi-Hasil 5. Jenis data yang dapat digunakan, oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam membuat program komputer disebut….. a. Linier b. Tipe Data c. Output d. Universal e. Serial 6. Di bawah ini yang termasuk struktur dasar algoritma antara lain….. a. Pengulangan b. Perbaikan c. Pemulihan d. Pemrograman e. Pengaturan 10. Berikut lima urutan proses yang benar dalam flowchart adalah …. a. head  input  proses  output  end b. input  loading  proses  output  stop c. start  read  proses  output  stop d. start  read  proses  write  stop e. head  read  loading  write  end 11. Kelebihan menggunakan flowchart adalah sebagai berikut, kecuali …. a. Memahami proses b. Mendesain objek c. Mengidentifikasi masalah d. Menggarkan hubungan e. Menyediakan tool untuk latihan 12. Berikut salah satu contoh penerapan algoritma, kecuali…. a. Bapak menulis surat b. Rumus menghitung luas persegi panjang c. Ani membaca buku d. Adi memasak nasi goreng e. Ibu tati mengupas kentang 13. Fungsi dari simbol preparation adalah …. a. Proses pengolahan data b. Menjalan program c. Pemberian harga awal d. Sebagai parameter e. Permulaan program 14. Jika akan menggunakan bahasa pemrograman yang berasal dari proses penjumlahan maka operator yang digunakan adalah …. a. Aritmatika b. Logika c. Relasional d. @ e. Class 15. Merupakan tempat dimana kita dapat mengisi atau mengosongkan nilainya dan memanggil kembali apabila dibutuhkan adalah pengertian dari…. a. Tipe data b. Konstanta c. Operator d. Variabel e. String 16. Berikut ini merupakan aturan dalam penulisan variabel, kecuali…. a. Dapat menggunakan reserverd word pascal seperti write, read, begin dan lain-lain. b. Panjnag variabel tidak terbatas oleh jumlah karakter, tapi sebgaiknya gunakan seperlunya c. Karakter yang digunakan untuk penulisannya berupa huruf, angka atau garis bawah (tidak boleh menggunakan spasi) d. Penamaan variabel bersifat vase sensitif e. Karakter pertama harus berupa huruf atau garis bawah 17. Sintak yang digunakan untuk menandakan nama variabel dalam Pascal adalah …. a. Begin b. Var c. Write d. Read e. End 18. Operator yang digunakan untuk membandingkan satu nilai dengan nilai yang lain, untuk mendapatkan hasil benar atau salah adalah jenis …. a. Operator aritmatika b. Operator penugasan c. Operator perbandingan d. Operator logika e. Operator string 19. Tipe data yang hanya bisa menampung satu karakter merupakan pengertian dari tipe data …. a. Integer b. String c. Real d. Char e. Boolean 20. Tipe data yang bisa menampung deretan karakter atau teks merupakan pengertian dari tipe data …. a. Integer b. String c. Real d. Char e. Boolean 21. Tipe data yang hanya bisa menampung bilangan bulat merupakan pengertian dari tipe data …. a. Integer b. String c. Real d. Char e. Boolean 22. Tipe data yang bisa menampung bilangan desimal atau pecahan merupakan pengertian dari tipe data …. a. Integer b. String c. Real d. Char e. Boolean 23. Struktur pertama dalam pascal adalah …. a. Char; b. Begin c. End. d. Uses crt; e. writeln 24. perintah dasar sederhana dalam program pascal adalah …. a. readln b. end c. write d. writeln e. uses crt; 25. Tipe data dalam pascal untuk menjalankan kondisi TRUE FALSE adalah …. a. Integer b. String c. Real d. Char e. Boolean 26. USES merupakan singkatan dari…. a. Unit secure b. Unit syntax c. Unit system d. Up software e. Unis smiconductor 27. Istilah Perulangan dalam pemrograman pascal dikenal dengan…. a. Repeating b. Again c. Function d. Replay e. Looping 28. Perintah untuk menutup atau mengakhiri program dalam pascal adalah…. a. End. b. Program c. Uses crt; d. Finish e. End;

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan ketika menyusun program adalah (B) membuat algoritma.
  2. Untuk menyelesaikan masalah, prosedur yang dibuat adalah (C) algoritma.
  3. Pada penulisan algoritma, pseudocode yang digunakan adalah (D) sembarang bahasa asal terstruktur.
  4. Untuk menyelesaikan suatu masalah, tahapan yang digunakan adalah (A) masalah – pseudocode – flowchart – program – eksekusi – hasil.
  5. Untuk memenuhi kebutuhan pembuatan program, jenis data yang digunakan adalah (B) tipe data.
  6. Struktur dasar algoritma salah satunya adalah (A) pengulangan.
  7. Proses yang benar dalam flowchart adalah (D) start – read – proses – write – stop.
  8. Berikut ini yang tidak termasuk dalam kelebihan flowchart adalah (C) mengidentifikasi masalah.
  9. Berikut yang tidak termasuk dalam contoh penerapan algoritma adalah (C) Ani membaca buku.
  10. Simbol preparation memiliki fungsi (E) permulaan program.
  11. Operator yang digunakan pada proses penjumlahan adalah (A) aritmatika.
  12. Unsur yang berupa tempat mengisi nilai dan bisa memanggil kembali adalah (D) variabel.
  13. Berikut yang tidak termasuk dalam aturan penulisan variabel adalah (E) karakter pertama harus berupa garis bawah.
  14. Untuk menandakan nama variabel dalam Pascal, sintak yang digunakan adalah (C) write.
  15. Untuk mendapatkan hasil benar atau salah, operator yang digunakan adalah (D) logika.
  16. BIsa menampung satu karakter adalah (D) char.
  17. Bisa menampung beberapa karakter adalah (B) string.
  18. Bisa menampung bilangan bulat adalah (A) integer.
  19. Bisa menampung desimal adalah (C) real.
  20. Dalam Pascal, struktur pertama adalah (D) Uses crt.
  21. Dalam Pascal, perintah dasar sederhana adalah (A) readLn.
  22. Untuk menjalankan true false, tipe data yang digunakna adalah (E) Boolean.
  23. Kepanjangan dari USES adalah (C) Unit system.
  24. Dalam Pascal, sebutan untuk pengulangan adalah (E) Looping.
  25. Dalam program Pascal, perintah untuk menutup program adalah (A) End.

Pembahasan

Pada nomor 1, pilihan (B) benar karena membuat algoritma adalah langkah paling awal dalam penyusunan suatu program.

Pada nomor 6, pilihan (A) benar karena pengulangan atau repetition adalah salah satu struktur dasar algoritma.

Pada nomor 7, pilihan (D) benar karena merupakan proses dalam flowchart.

Pada nomor 9, pilihan (C) benar karena membaca buku tidak termasuk dalam penerapan algoritma.

Pada nomor 15, pilihan (D) benar karena operator logika adalah jenis operator yang digunakan untuk mendapatkan hasil benar salah dari perbandingan.

Pada nomor 22, pilihan (E) benar karena data Boolean adalah data yang bisa menampung fungsi benar salah atau true false.

Pada nomor 23, pilihan (C) benar karena Unit System adalah USES.

Pada nomor 25, pilihan (A) benar karena END adalah perintah yang digunakan untuk menutup atau mengakhiri suatu program pada Pascal.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang struktur dasar algoritma https://brainly.co.id/tugas/6471062
  2. Materi tentang jenis flowchart https://brainly.co.id/tugas/30654740
  3. Materi tentang struktur program Pascal https://brainly.co.id/tugas/4855384

Detail jawaban

Kelas: 11

Mapel: TIK

Bab: –

Kode: 11.11

#TingkatkanPrestasimu #SPJ3 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *